Ada 2 jenis SIKM Yang Perlu Diketahui Warga

Koranlinear.com, Jakarta – Provinsi DKI Jakarta mengeluarkan peraturan tentang siapa saja yang akan masuk atau keluar DKI jakarta wajib memperlihatkan SIKM. Khususnya yang akan masuk.

SIKM adalah Surat Izin Keluar-Masuk DKI Jakarta. Pelayanan perizinan ini diberikan kepada warga tugas dan pekerjaannya perlu bepergian keluar atau masuk DKI Jakarta. Perizinan ini juga diberikan kepada warga karena kondisi emergency seperti sakit atau keluarga meninggal.

Perjalanan orang bepergian berdomisili Jabodetabek di dalam wilayah Jabodetabek tidak memerlukan perizinan ini. Perjalanan orang bepergian dibagi dalam 2 jenis, yaitu :

Jenis SIKMJenis Surat izinKeterangan
Warga domisili DKI Jakarta tujuan luar jabodetabekSurat izin keluar perjalanan sekali (situasional karena keadaan tertentu)Warga domisili DKI Jakarta tujuan ke wilayah Botabek (Bogor, Depok, tangerang, Bekasi) tidak memerlukan SIKM DKI Jakarta.
 Surat izin masuk DKI Jakarta perjalanan berulang (aktivitas rutin selama masa PSBB) 
Warga domisili non-Jabodetabek tujuan DKI JakartaSurat izin masuk DKI Jakarta perjalanan sekali (situasional karena keadaan tertentu)Warga domisili wilayah Bodetabek tidak memerlukan SIKM DKI Jakarta
 Surat izin keluar perjalanan berulang (aktivitas rutin selama masa PSBB) 

Pengertian domisili DKI Jakarta adalah tempat tinggal baik mempunyai KTP Jakarta maupun tidak. Wilayah Bodetabek terdiri dari Kota Bogor, kabupaten Bogor, Kota Depok, Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan, Kabupaten Tangerang, Kota Bekasi Dan Kabupaten Bekasi.(tra)

INFOKAN PADA SAHABAT: