DLH Kota Tangerang Bagikan Gratis Hasil Panen Pada Warga

Koranlinear.com, Kota Tangerang – Kebun dan Budidaya Lele mandiri yang dikelola DLH Kota Tangerang telah panen. Hasilnya dibagikan gratis kepada warga dalam upaya meringankan beban ekonomi.  

DLH Kota Tangerang sendiri mengoptimalkan lahan kosong yang terletak di area belakang gedung DLH Kota Tangerang. Lahan itu menjadi kebun untuk beberapa jenis tanaman dan juga budidaya Lele. Kamis (25/6/2020) dihadiri oleh Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah, panen budidaya lele dan kebun dilangsungkan. 

“Sudah kurang lebih setahun, semua swadaya dari pegawai. Contohnya tanaman Eucalyptus ini dari biji. Terus pohon durian, alpukat, mangga, dan nangka itu dari limbah masyarakat yang berjualan jus buah,” ucap Arief, dilansir dari indolinear.com (RegenINDO Media Grup).

Kedepan, Arief mengharapkan agar DLH Kota Tangerang mampu menjadi laboratorium bagi masyarakat, sekolah-sekolah, dan swasta untuk mengembangkan lingkungan disekitar. Apalagi pengembangan lahan untuk budidaya dan perkebunan relatif terjangkau.

Berkebun secara mandiri kata Arief setidaknya dapat meringankan beban warga untuk mencukupi kebutuhan sayur mayur. Apalagi di tengah pandemi Covid-19 saat ini, tentunya bantuan-bantuan untuk konsumsi harian warga sangat dibutuhkan.

“Kita ingin meringankan beban masyarakat, jadi gak usah ke pasar beli sayur. Tanam aja sendiri, atau nanti bibitnya dari kita dan masyarakat tinggal nyiramin,” ujar Arief.

Kepala DLH Kota Tangerang Dedi Suhada mengatakan, sudah ada kurang lebih 5.000 tanaman yang berhasil tumbuh di kebun DLH. Langkah berkebun dan budidaya lele dilakukan sebagai salah satu praktik langsung dinas yang dipimpinnya untuk memberikan manfaat bagi warga Kota Tangerang.

“Dengan cara pembibitan ini dapat menghemat pengeluaran APBD. Bulan depan rencananya kita akan distribusikan tanaman untuk sekolah Adiwiyata dan RW-RW yang masuk dalam program Proklim,” ucap Dedi.(dro/srh)

INFOKAN PADA SAHABAT: