Empat Kereta Bawah Tanah Yang Paling Keren Di Dunia

Koranlinear.com, Jakarta -Indonesia kini tengah menantikan proyek Mass Rapid Transit (MRT) di Jakarta rampung. Ini akan menjadi kereta bawah tanah pertama di Indonesia.

Walaupun tertinggal dari beberapa negara, namun banyak masyarakat yang menantikan ular besi bawah tanah ini. Apabila Kita menilik ke negara lain, ada banyak negara yang sudah memiliki kereta bawah tanah, contohnya seperti London, Moskow, dan masih banyak lagi. Berikut empat kereta bawah tanah yang paling keren di dunia.

Moskow, Rusia

Jalur kereta bawah tanah berornamen neo-klasik ini terbentang sejauh 180 mil. Bukan hanya ornament di stasiunnya saja, keretanya pun di desain layaknya kereta kuno. Anda cukup membayar 50 rubles atau setara dengan 80 cent per-orang untuk satu tiket perjalanan tunggal.

Metro, nama kereta bawah tanah negeri beruang merah ini melayani perjalanan dari 177 stasiun yang tersebar di Moskow. Namun, ada 1 stasiun yang sangat unik, yaitu stasiun Novoslobodskaya.

 Di tempat ini, mata Anda akan dimanjakan dengan puluhan kaca patri cantik yang tertata di dindingnya, layaknya sebuah gereja. Walaupun terbilang kecil, tapi stasiun Novoslobodskaya ini merupakan stasiun favorit warga Moskow.

London, Inggris

Kereta bawah tanah yang sudah beroperasi lebih dari 150 tahun ini tetap menjadi idola para masyarakat London untuk bepergian, terutama apabila mereka dikejar oleh waktu.

 Tube, nama sistem transportasi bawah tanah di London, melayani perjalanan seputaran kota London, dan London Raya seperti Buckinghamshire, Hertfordshire, dan Essex. Tercatat, ini merupakan sistem angkutan cepat tertua di dunia. Tenaga yang digunakan oleh kereta bawah tanah ini adalah listrik.

Stockholm, Swedia

Mungkin kata ini yang pertama kali terucap apabila Anda mengunjungi stasiun kereta bawah tanah di Stockholm, yang bernama Tunnelbana (T-Bana) ini. Bagaimana tidak, lorong berbentuk setengah lingkaran dengan desain seperti goa yang di cat warna-warni membuat Anda betah untuk berama-lama di sini.

Beberapa stasiun di kota ini juga memajang lukisan, patung, mozaik, dan karya seni lainnya di setiap sudut stasiun. Terdapat pula artefak arkeologis yang dipajang di beberapa stasiun di Ibu Kota Swedia ini. artefak arkeologis tersebut merupakan koleksi dari National Art Museum of Sweden.

New York

Selamat datang di New York, kota yang memiliki sistem kereta dengan jaringan paling luas di dunia. Terdapat 34 jalur subway dan 469 stasiun di dunia bawah tanah New York. Mendapat predikat sebagai kawasan tersibuk di New York, maka tidak heran kalau kebanyakan stasiun berada di daerah Manhattan. Terdapat pula subway yang menghubungkan daerah sub-urban seperti Queens, Brooklyn, dan The Bronx.

Hampir semua pelayanan di dalam subway ini tidak menggunakan tenaga manusia, alias serba otomatis, dari mulai beli minuman kaleng, hingga transaksi pembelian tiket.

Tarif yang diberlakukan di sini adalah tarif flat, dimana kita tidak perlu membayar lebih untuk perjalanan jauh, dan membayar lebih sedikit ketika perjalanan dekat. Cukup memasukkan $2.50 ke dalam vending machine, dan nikmati perjalanan Anda.(tra)

Perumdam TKR Kabupaten Tangerang sedang menambah cakupan pelayanan. Daerah mana itu? Simak ulasan berikut ini.

Ingin merasakan sensasi gula aren segar tanpa campuran bahan lain? Serta kaya manfaat yang terkadung di dalamnya. Penasaran? Simak ulasannya berikut ini.

INFOKAN PADA SAHABAT: