Empat paham Besar yang Dianut Oleh Beberapa Negara

Koranlinear.com, Jakarta – Awal mula lahir dan berkembangnya paham-paham besar dunia ada di Eropa dan Amerika. Kemudian menyebar ke Asia dan Afrika sampailah kemudian di Indonesia.

Perkembangan paham-paham di dunia kemudian menimbulkan aspirasi bagi suatu negara. Berikut empat paham besar yang dianut oleh beberapa negara.

Konservatisme

Konservatisme merupakan suatu paham yang mendukung nilai-nilai tradisional. Istilah ini berasal dari bahasa Latin conservare. Artinya melestarikan, menjaga, memelihara, dan mengamalkan.

Konservatif adalah suatu usaha untuk melestarikan apa yang ada. Agar terpelihara keadaan pada suatu saat tertentu (status quo). Dengan sedikit sekali perubahan di masa yang akan datang.

Paham ini muncul  sebgai reaksi paham liberalisme. Liberalisme telah berusaha meruntuhkan keberadaan masyarakat kaum bangsawan, pemilik tanah yang mapan. Sehingga untuk mempertahankan diri kaum tersebut membuat paham tandingan, yaitu paham Konservatisme.

​Konservatisme memandang liberalisme sebagai paham yang terlalu individualistis. Liberalisme memandang masyarakat terdiri atas individu atau golongan individu. Konservatisme sangat menjunjung tinggi demokrasi.

Komunisme

Ideologi komunisme merupakan perlawanan besar pertama dalam abad ke-20. Perlawanan yang diberikan terhadap sistem ekomomi yang kapitalalis dan liberal. Komunisme adalah sebuah paham yang menekankan kepemilikan bersama atas alat-alat priduksi (tanah, tenaga kerja, modal).

Dengan tujuan untuk tercapainya masyarakat yang makmur, masyarakat komunis tanpa kelas dan semua orang sama. Komunisme ditandai dengan prinsip sama rata sama rasa dalam bidang ekomomi dan sekularisme yang radikal. Dimana agama digantikan dengan ideologi komunias yang bersifat

Menurut ideologi komunis, kepentingan-kepentingan individu tunduk kepada kehendak partai, negara dan bangsa (kolektivisme). Keburukan dari ideologi komunisme bersifat atheis (tidak mengimani Tuhan dan tidak mengangap Tuhan itu ada), kurang menghargai manusia sebagai individu, tidak menghormati HAM, dan lain-lain

Marx sering dijuluki sebagai bapak dari komunisme yang berasal dari kaum terpelajar dan politikus. Ia memperdebatkan bahwa analisis tentang kapitalisme miliknya membuktikan bahwa kontradiksi dari kapitalisme akan berakhir dan memberikan jalan untuk komunisme. Di sisi lain, Marx menulis bahwa kapitalisme akan berakhir karena aksi yang terorganisir dari kelas kerja internasional.

Negara -negara komunis yang masih ada hingga kini adalah  Republik Rakyat Tiongkok, Transnistia, Kuba, Korea Utara, Laos, dan Vietnam.

Liberalisme

Liberalisme adalah sebuah ideologi, pandangan filsafat, dan tradisi politik yang didasarkan pada pemahaman bahwa  kebebasan dan persamaan hak adalah nilai politik yang utama. Dalam liberalism suatu masyarakat bebas dicirikan oleh kebebasan berpikir bagi para individu. Paham liberalisme menolak adanya pembatasan, khususnya dari pemerintah dan agama.

Dalam masyarakat modern, liberalisme akan dapat tumbuh dalam sistem  demokrasi. Hal ini dikarenakan keduanya sama-sama didasarkan pada kebebasan mayoritas. Banyak suatu negara yang tidak mematuhi peraturan tersebut.

Di Benua Amerika adalah Amerika Serikat, Argentina, Bolivia, Brazil, Cili, Cuba, Kolombia, Ekuador, Honduras, Kanada, Meksiko, Nikaragua, Panama, Paraguay, Peru, Uruguay dan Venezuela. Sekarang ini, kurang lebih liberalisme juga danut oleh negara aruba, Bahamas, Republik Dominika, Greenland, Grenada, Kosta Rika, Puerto Rico dan Suriname.

Di Eropa diantaranya adalah Albania, Armenia, Austria, Belgia, Bulgaria, Kroasia, Cyprus, Republik Cekoslovakia, Denmark, Estonia, Finlandia, Perancis, Jerman, Yunani, Hungaria, Islandia, Italia, Latvia, Lithuania, Luxembourg, Macedonia, Moldova, Netherlands, Norwegia, Polandia, Portugal, Romania, Rusia, Serbia Montenegro, Slovakia, Slovenia, Spanyol, Swedia, Switzerland, Ukraina dan United Kingdom. Negara penganut paham liberal lainnya adalah Andorra, Belarusia, Bosnia-Herzegovina, Kepulauan Faroe, Georgia, Irlandia dan San Marino.

Di Asia antara lain adalah India, Iran, Israel, Jepang, Korea Selatan, Filipina, Taiwan, Thailand dan Turki. Saat ini banyak negara-negara di Asia yang mulai berpaham liberal, antara lain adalah Myanmar, Kamboja, Hong Kong, Malaysia dan Singapura. Di kepulauan Oceania adalah Australia dan Selandia Baru.

Di Afrika. Pada dasarnya, liberalisme hanya dianut oleh mereka yang tinggal di Mesir, Senegal dan Afrika Selatan. Sekarang ini, kurang lebih liberalisme sudah dipahami oleh negara Aljazair, Angola, Benin, Burkina Faso, Mantol Verde, Côte D’Ivoire, Equatorial Guinea, Gambia, Ghana, Kenya, Malawi, Maroko, Mozambik, Seychelles, Tanzania, Tunisia, Zambia dan Zimbabwe.

Kapitalisme

​Kapitalisme adsal kata dari kapital, yang berarti modal. Kapitalisme adalah suatu sistem ekonomi dimana sektor industri perdagangan dan alat-alat produksi dikontrol oleh sektor swasta. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya.

Walaupun demikian, kapitalisme sebenarnya tidak memiliki definisi universal yang bisa diterima secara luas. Beberapa ahli mendefinisikan kapitalisme sebagai sebuah sistem yang mulai berlaku di Eropa pada abad ke-16 hingga abad ke-19. Pada masa perkembangan  perbankan  komersial Eropa di mana sekelompok individu maupun kelompok dapat bertindak sebagai suatu badan tertentu.

Memiliki maupun melakukan perdagangan benda milik pribadi, terutama barang modal, seperti tanah dan manusia guna proses perubahan dari barang modal ke barang jadi. Untuk mendapatkan modal-modal tersebut, para kapitalis harus mendapatkan bahan baku dan mesin dahulu, baru buruh sebagai operator mesin dan juga untuk mendapatkan nilai lebih dari bahan baku tersebut.

Paham kapitalisme lebih cenderung mengarah ke  perekonomian daripada politik. Negara yang berhasil membangun dengan kapitalismenya dapat terlihat dari negara-negara besar seperti Inggris, Amerika, Perancis, Belanda, dan Italia. Sementara di Asia ada Jepang dan Cina.(tra)

Partai Gerindra mengusulkan satu kebijakan yang membantu anak sekolah dalam melaksanakan pembelajaran. Kebijakan apa itu? Berikut informasinya.

INFOKAN PADA SAHABAT: