Empat Senjata Tradisional Yang Dimiliki Indonesia

Koranlinear.com, Jakarta – Indonesia mempunyai senjata tradisional yang menjadi kekayaan masing-masing daerah. Selain memiliki kekayaan kesenian dan baju adat daerah.

Dulunya senjata tradisional ini digunakan oleh masyarakat untuk mengusir penjajah dan melindungi diri. Namun sekarang senjata tradisional itu berubah fungsi menjadi pelengkap baju daerah untuk upacara besar adat.

Senjata tradisional tentunya punya bentuk dan cara pemakaian yang berbeda-beda. Berikut empat senjata tradisional yang dimiliki Indonesia.

Rencong

Rencong merupakan senjata tradisional khas Aceh. Senjata ini mirip pisau dengan gagang yang khas. Rencong juga punya sejarah yang kuat di Aceh.

Karena rencong ini termasuk kekuatan kala melawan penjajah yang datang. Sampai sekarang pun, rencong masih digunakan untuk senjata perlindungan diri dari kejahatan. Beberapa masyarakat lokal di Aceh pun banyak juga yang menjadikan senjata ini sebuah pusaka atau jimat untuk keselamatan.

Kurambiak

Kurambiak merupakan senjata tradisional Sumatera Barat. Bentuk dari kurambiak memang kecil. Tetapi senjata tradisional yang satu ini sangat populer di berbagai daerah bahkan hingga negara tetangga.

Bentuknya seperti kuku macan. Cara menggunakan kurambiak pun butuh keahlian khusus. Untuk perlindungan diri, senjata ini bisa menimbulkan luka yang sangat fatal.

Sekarang masyarakat Minangkabau sering menggunakan senjata ini untuk mencabut akar di ladang. Senjata  ini juga mulai terkenal karena ada dalam film laga The Raid.

Klewang

Klewang merupakan senjata dari Sumatera Selatan. Walaupun senjata ini dari Sumatera Selatan, klewang sudah digunakan saat Perang Aceh pada masa penjajahan dulu. Senjata ini berukuran sekitar 38 – 76 cm ini sangat efektif untuk pertarungan jarak dekat.

Bentuk klewang mirip dengan golok karena punya memiliki satu mata pisau. Hal yang membedakan adalah bagian pegangannya yang punya ciri bulat di bagian ujung.

Golok

Golok merupakan senjata tradisional Jakarta atau lebih tepatnya Betawi. Orang Betawi asli pasti masih punya senjata ini di rumahnya. Golok sudah bukan lagi sekadar senjata tradisional asal Jakarta, tapi sudah menjadi salah satu harta untuk masyarakat aslinya.

Sekarang senjata ini sering digunakan dalam seni bela diri. Bahkan ketika acara adat, golok ini pun dibawakan sebagai isi dari acara tersebut.  Golok sangat terkenal dengan tokoh si Pitung.

Si Pitung adalah sosok jagoan pengusir penjajah asal tanah Betawi. Seiring perkembangan zaman, golok pun dipakai untuk membantu urusan rumah dan kebun masyarakat lokal.(tra)

Ada juga senjata yang dipakai untuk mengusir penjajah. Mau tahu apa saja? Simak ulasan berikut ini.

INFOKAN PADA SAHABAT: