Empat Wali Kota Tangerang Selatan Yang Pernah Menjabat

Koranlinear.com, Tangsel – Kota Tangerang Selatan merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Tangerang dan resmi berdiri pada tanggal 26 November 2008.

Usul penetapan tanggal tersebut dengan alasan pada 26 November 2008 telah disahkan undang-undang Nomor 51 Tahun 2008 tentang pembentukan Tangerang Selatan (Tangsel) di Provinsi Banten. Kemudian, UU 51 tahun 2008 merupakan landasan yuridis formal yang dijadikan dasar terbentuknya Kota Tangerang Selatan.

Selain itu terdapat dua tanggal lainnya yang menjadi momen penting terbentuknya Tangsel. Yakni tanggal 29 Oktober 2008 yang merupakan tanggal sidang paripurna DPR RI untuk menyetujui Tangsel sebagai daerah otonom baru di Provinsi Banten. Tanggal tersebut, merupakan momen sejarah karena perjuangan penggagas, pelopor dan elemen masyarakat disetujui oleh wakil rakyat DPR RI.

Kemudian, tanggal 24 Januari 2009 merupakan tanggal peresmian Kota Tangsel dan pelantikan penjabat walikota oleh Gubernur atas nama Menteri Dalam Negeri sebagai awal dilaksanakannya penyelenggaraan pemerintahan kota Tangerang Selatan.

Sebelum menjadi kota administratif Tangerang Selatan merupakan bagian dari Kabupaten Tangerang. Pejabat Wali Kota pertama kali dipegang oleh Mohammad Shaleh sebagai pelaksana tugas atau penjabat sementara Wali Kota yang menjabat sejak 24 Januari 2009.

Untuk sekedar berbagi informasi, sebelum Kota Tangerang Selatan melaksanakan pilkada untuk memilih Wali Kota dan Wakil Wali Kota definitif setidaknya ada tiga Pj. Wali Kota yang ditunjuk. Berikut nama-namanya :

Ir. H. Mohammad Shaleh, MT

Ir. H. Mohammad Shaleh, MT menjabat sebagai Pejabat Walikota dari tanggal 24 Januari 2009 sampai dengan tanggal 18 Juli 2010.

H. Eutik Suarta, SH

H. Eutik Suarta, SH menjabat sebagai Pejabat Walikota dari tanggal 18 Juli 2010 sampai dengan tanggal 24 Januari 2011.

Hidayat Djohari

Hidayat Djohari menjabat sebagai Pejabat Walikota dari tanggal 24 Januari 2011 sampai dengan tanggal 20 April 2011.

Hj. Airin Rachmi Diany, SH, MH

Hj. Airin Rachmi Diany, SH, MH menjabat sebagai Wali Kota Pertama Tangerang Selatan setelah melaksanakan Pilkada. Airin menjabat sebagai Wali Kota Tangsel sebanyak dua periode. Periode pertama 20 April 2011 sampai dengan 20 April 2016. Dan periode kedua 20 April 2016 sampai sekarang.(tra)

Di Tangsel ada tempat wisata murah yang tidak ada tiket masuknya. Tempat apa saja itu? Berikut ulasannya.

INFOKAN PADA SAHABAT: