Gerindra: Baiknya Bantuan Sembako Diganti Uang Tunai

koranlinear.com, Jakarta – Uang tunai lebih dibutuhkan masyarakat dibanding Sembako, ditengah Pandemi Corona di Indonesia. Demikian usulan Partai Gerindra kepada Pemerintah.

Sejauh ini ada dua skema Pemerintah dalam membantu masyarakat paling terdampak menghadapi pandemi Covid-19. Skema pertama bantuan berbentuk Sembako dan skema kedua menggunakan uang tunai atau Bantuan Langsung Tunai (BLT).

Partai Gerindra mengusulkan ke pemerintah agar skema bantuan sembako dihilangkan dan diganti menjadi seluruhnya berbentuk BLT atau uang tunai. Usulan ini mengacu pada kondisi riil ditengah masyarakat.

“Fraksi Gerinda mengusulkan sembako digantikan dengan uang tunai,” kata Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani dalam keterangannya, Senin (18/5).

Muzani mengungkap, dengan mengubah skema Sembako menjadi uang tunai, tentu memiliki banyak pengaruh di masyarakat. Bantuan tersebut pun diyakininya akan dibelanjakan untuk kepentingan makanan atau pun kebutuhan lainnya.

“Jika mereka bisa menghemat jumlah uang tunai yang diterima tentu saja kebutuhan kebutuhan yang lain sebagian bisa tertutup. Yang kedua uang tunai itu bisa langsung diterima secara langsung oleh nama keluarga yang bersangkutan,” ungkapnya.

Muzani menegaskan, dengan bantuan uang tunai, juga bisa berpengaruh pada perekonomian. Karena masyarakat memiliki daya beli.

“Uang tersebut pasti akan dibelanjakan di mana dia bertempat tinggal, sehingga roda perputaran ekonomi bisa meningkatkan, daya beli juga bisa meningkat,” jelasnya.

Karenanya, dia menekankan, agar pemerintah mempertimbangkan usulan skema bantuan diubah menjadi bantuan tunai.

“Saya percaya pemerintah bisa melakukan itu, termasuk perbaikan data penerima bantuan uang tunai. Semoga pemerintah bisa mengelaborasi pandangan ini,” pungkas Muzani.(dro/mcom)

INFOKAN PADA SAHABAT: