Inilah Lima Negara Terkenal Sebagai Penghasil Keju Terbesar Di Dunia

Koranlinear.com, Jakarta – Negara penghasil keju biasanya adalah negara-negara yang ada di Eropa. Keju adalah salah satu makanan olahan yang bahan baku terbuat dari susu.

Keju sering ada di restoran-restoran digunakan sebagai bahan masakan untuk produknya. Keju yang digunakan pun beraneka macam dan bentuk. Berikut lima negara yang terkenal sebagai penghasi keju terbesar di dunia.

Amerika Serikat

Amerika serikat adalah negara penghasil keju terbesar di dunia. Negara ini dapat menghasilkan 5.163.564 metrik ton pertahunnya. Wiconsin dan California menduduki posisi pertama dan kedua di negara bagian Amerika serikat yang menghasilkan susu dalam jumlah besar sehingga meningkatkan produksi keju di negara ini. Warga Amerika serikat sendiri lebih suka mengkonsumsi keju Parmesan dan Mozarella .

Jerman

Jerman adalah negara di benua Eropa yang paling banyak menghasilkan produk keju dan menduduki posisi kedua sebagai negara penghasil keju terbesar di dunia tahun 2018. Jerman dapat menghasilkan 2.047.453 metrik keju pertahunnya. Jerman memproduksi banyak jenis keju seperti Allgauer Bergkase, Butterkase, Combozola, Tilsit, dan Zeigel.

 

Prancis

Prancis menjadi negara ketiga penghasil keju terbesar di dunia. Pertahunnya negara ini dapat menghasilkan 1.942.375 metrik ton keju. Prancis dikenal sebagai negara yang memiliki banyak jenis keju, ada 1000 jenis keju yang dapat ditemui jika berkunjung ke negara Prancis. Kota penghasil keju terbesar di negara ini adalah Prancis bagian utara, Pas De Calais, Normandia dan masih banyak lagi yang lainnya.

Italia

Pertahunnya Italia dapat menghasilkan sebanyak 1.133.756 metrik keju. Keju terbaik di dunia banyak ditemukan di negara ini misalnya keju Asiago, Fontina, Gorgonzola, Ricota, Mozarella, Parmigiano, Reggiano. Masyarakat Italia menggunakan keju sebagai bahan utama dalam makanan tradisional dan kontemporer.

Belanda

Sedikitnya 746.263 metrik keju dihasilkan tiap tahunnya. Pasar utama keju di Belanda dapat ditemui di Gouda Cheese di bagian barat Belanda dan juga pasar Edam Cheese. Pasar tertua kedua di Belanda adalah Alkmaar yang usianya mencapai 400 tahun.

Selain kelima negara di atas ada beberapa negara seperti Polandia, Mesir, Rusia, Argentina, dan Kanada yang merupakan 10  negara penghasil keju terbesar di dunia.(tra)

Selain ada negara penghasil keju, di dunia pun ada negara penghasil kopi terbesar. Berikut informasinya.

INFOKAN PADA SAHABAT: