Inilah Perbedaan Ketiga Jenis Peluru Yang Perlu Diketahui

Koranlinear.com, Jakarta – Senjata api dan amunisi (peluru) memiliki peran yang saling melengkapi. Jenis peluru yang sering digunakan biasanya peluru tajam atau peluru karet.

Saat ini kedua jenis peluru ini mengalami pengembangan baik segi desain maupun kualitas. Berikut perbedaan antara peluru tajam, peluru karet dan peluru hampa.

Peluru Tajam

Peluru tajam merupakan proyektil yang berbahan dasar logam. Peluru tajam yang digunakan saat ini merupakan hasil pengembangan desain oleh Letnan Kolonel Eduard Rubin, Direktur Swiss Army Laboratory pada tahun 1882. Peluru ini didesain dengan lapisan kuningan. Tujuannya untuk mendapatkan kekuatan titik leleh ketika ditembakkan.

Bahan kuningan memiliki titik leleh yang sangat tinggi, sehingga peluru tidak akan meleleh ketika ditembakkan. Peluru ini memiliki ketahanan terhadap karat serta memiliki kekerasan yang sangat baik. Peluru hasil desain Letnan Kolonel Eduard Rubin ini digunakan sebagai amunisi pada senapan Lebel di tahun 1886.

Desain peluru lainnya adalah spitzer yang dikembangkan antara akhir abad 19 atau awal abad 20. Peluru tajam ini digunakan untuk senjata kecil saja. Spitzer dianggap memiliki desain aerodinamis, akurasi derajat dan efisiensi kinetik.

Pengembangan berikutnya dari peluru tajam memiliki bentuk seperti perahu, meruncing pada ujung dan besar di bagian belakang. Desain ini memungkinkan anak peluru melesat dengan cepat dan lebih akurat. Penggunaan semua peluru tajam dapat membuat orang terluka dan bahkan kematian yang fatal

Peluru Hampa

Peluru hampa merupakan peluru senjata api yang berisi mesiu tetapi tidak memiliki proyektil pada ujungnya, sehingga tidak berbahaya. Peluru hampa cuma berupa selongsong dan penyumbat mesiu pada ujung dan penggunaannya hanya untuk memberi suara peringatan yang cukup keras dan kilatan api saja saat ditembakkan.

Peluru ini biasanya dipakai untuk simulasi, pengambilan gambar film action atau film perang, hingga digunakan sebagai bunyi penanda start pada olahraga lomba lari.

Peluru Karet

Peluru karet adalah peluru/proyektil yang terbuat dari karet yang dapat ditembakkan baik dari senjata api standar maupun senjata khusus anti kerusuhan. Biasanya digunakan untuk mengendalikan kerusuhan dan demonstrasi yang menjurus ke tindakan anarkis. Peluru karet pertama kali digunakan oleh pemerintah Amerika Serikat untuk menghadang demonstran anti perang Vietnam pada tahun 1960-an.(tra)

Di Flavor Bliss ada tempat makan yang enak wajib dikunjungi. Mau tahu apa saja? Berikut ulasannya.

Ingin merasakan sensasi gula aren segar tanpa campuran bahan lain? Serta kaya manfaat yang terkadung di dalamnya. Penasaran? Simak ulasannya berikut ini.

INFOKAN PADA SAHABAT: