Langkah Kemendikbud Menunjang Proses Pendidikan

Koranlinear.com, Jakarta – Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Dirjen Pendidikan Tinggi Kemendikbud mengatakan perkembangan teknologi mendorong eksistensi pendidikan jarak jauh. Sehingga, siswa lebih fleksibel belajar mandiri di tengah pandemi Covid-19.

Terlebih, memasuki new normal ini perlunya menjaga jarak untuk memutus rantai penyebaran virus corona. Hal itu disampaikan Aris saat webinar Ikatan Alumni (IKA) UT dengan tema ‘Pendidikan Jarak Jauh sebagai Role Model Pembelajaran Utama di Era new normal’ melalui virtual, Rabu (3/6/2020).

“Physical distancing menjadi sebuah keharusan dalam berbagai aktivitas, termasuk bidang pendidikan,” kata Aris, dilansir dari indolinear.com (RegenINDO Media Grup).

Aris menambahkan, diperlukan fasilitas pendukung agar proses pendidikan jarak jauh dapat diselenggarakan dengan baik.

Kemendikbud memiliki berbagai program kegiatan terkait pendidikan jarak jauh ini.

Di antaranya, menyediakan platform pembelajaran daring untuk dimanfaatkan oleh perguruan tinggi dan mengakses langsung sumber pembelajaran dari perguruan tinggi lain di spada.kemdikbud.go.id.

“Sementara, bagi perguruan tinggi dengan keterbatasan online resources, DIkti menyediakan kuliahdaring.kemdikbud.go.id,” ucapnya.

Kemudian, lanjut Aris, dilakukan juga kerja sama dengan provider telekomunikasi untuk menyediakan akses internet gratis/berbiaya murah bagi dosen dan mahasiswa.

“Ada juga pelatihan untuk meningkatkan kemampuan dalam menciptakan materi atau konten pembelajaran daring bagi dosen,” jelasnya.(pdn)

INFOKAN PADA SAHABAT: