Lima Negara Paling Direkomendasikan Untuk Tujuan Bekerja

Koranlinear.com, Jakarta – Bekerja di luar negeri merupakan sebuah tantangan di dalam dunia pekerjaan. Banyak pengalaman dan ilmu baru yang tidak bisa kamu dapatkan di Indonesia.

Dengan bekerja di luar negeri bisa belajar untuk lebih mandiri, menjadikan pikiran lebih terbuka karena perbedaan gaya hidup dan budaya.

Tapi memilih negara tujuan untuk bekerja di luar negeri tidak boleh sembarangan. Jika tujuannya bekerja, artinya kamu akan tinggal dalam jangka waktu yang lama di negara tersebut. Untuk itu sebelum memutuskan bekerja, baiknya  terlebih dahulu memilih negara-negara mana yang kira-kira nyaman untuk ditinggali.

Berikut daftar lima negara yang ramah dan nyaman untuk orang asing dan bisa dijadikan tujuan tempat untuk bekerja.

Korea Selatan

Satu-satunya yang ekstrim dari negara ini bagi kamu yang berasal dari negara tropis adalah cuacanya. Korea Selatan memiliki 4 musim seperti negara-negara di Eropa. Jadi jika bekerja disana harus menyiapkan pakaian untuk musim dingin sebelum pergi ke Negeri Gingseng ini. Korea Selatan pun ramah dengan wisatawan muslim, jadi tidak usah takut susah dapat makanan halal di sana.

Minimum gaji di Korea Selatan adalah 2,4juta KRW atau sekitar Rp31juta/bulan. Biaya hidup di Korea selatan bisa dibilang tidak terlalu mahal. Untuk makan sehari-hari hanya menghabiskan sekitar 6000 KRW atau sekitar Rp 77 ribu. Tapi ini masih bisa kamu tekan lagi pengeluarannya jika memasak di rumah. Jadi dalam sehari setidaknya bisa menghabisakan 5000KRW atau Rp64 ribu untuk 1 hari biaya makan.

Untuk biaya tempat tinggal harganya pun bervariasi, ada one office tel dan apartemen dengan biaya sewa mulai dari 15000 KRW – 400000 KRW atau sekitar Rp2 juta – Rp6 juta per bulannya. Bahkan bisa menghemat biaya ini bila sharing dengan roommates.

Singapura

Singapura memang sudah cukup lama jadi langgangan menerima karyawan Indonesia. Negara yang dikenal dengan patung singanya ini pun banyak membuka lowongan pekerjaan khusus untuk orang Indonesia yang bisa di cek di website lowongan kerja.

Hanya saja, rata-rata gaji karyawan di Singapura susah diukur karena Singapura tidak menerapkan sistem UMK seperti Indonesia. Singapura adalah negara yang memiliki apresiasi tinggi terhadap berbagai pekerjaan. Namun, dua pengecualian itu dibuat baru-baru ini: Upah minimum $1.100 per bulan berlaku September 2016 untuk beberapa profesi tertentu.

Perusahaan-perusahaan di Singapura akan memberikan gaji sesuai dengan kualitas karyawannya. Jadi, memang benar cerita soal perusahaan-perusahaan di Singapura yang senang memberikan bayaran tinggi untuk karyawannya.

Untuk para pemula dan masih takut kerja di luar negeri, Singapura bisa jadi negara pertama kamu. Singapura pun negara dengan nilai multikultural yang sangat tinggi, semua agama dan suku hidup dengan baik di sini. Baik kamu yang Indonesia dan beragama Islam, Singapura adalah pilihan tepat untuk negara tujuan bekerja kamu. Karena tidak sulit menemukan makanan dan bahan makanan halal disini.

Kekurangan di Singapura adalah gaji tinggi yang dibarengi dengan gaya hidup yang mahal. Jadi jika berada disana harus pintar-pintar menabung. Biaya sekali makan di Singapura bisa mencapai Rp60 – Rp80 ribu dan biaya sewa apartemen satu bulan di Singapura sama dengan biaya sewa apartemen 4 bulan di Indonesia. Namun walaupun gitu tunjangan dan berbagai apresiasi lain seperti uang lembur dan bonus sangat tinggi, selain itu pajak penghasilan di sana pun rendah.

KONTEN MILIK PIHAK KETIGA. BERISI PRODUK BARANG, KESEHATAN DAN BERAGAM OBAT REPRODUKSI. MARI JADI PENGGUNA INTERNET SEHAT DAN CERDAS DENGAN MEMILAH INFORMASI SESUAI KATEGORI, USIA DAN KEPERLUAN.

loading…


Hongkong

Hongkong dibilang menjadi negara yang sangat ramah dengan para pendatang dari Indonesia. Di Hongkong akan menemukan banyak TKI karena di sini salah satu negara yang paling banyak menampung para tenaga kerja asing dari Indonesia.

Tidak jauh berbeda dengan di Singapura, sebagai negara dengan perkembang ekonomi yang tinggi, biaya hidup di Hongkong pun menjadi mahal, bahkan biaya hidup di Hongkong menjadi termahal di Asia setelah Jepang. Namun perlakuan karyawan asing di Hongkong sangatlah baik dan tentunya akan sangat cocok untuk kamu yang ingin bekerja di negara dengan suasana yang mudah diajak adaptasi.

Hongkong pun dikenal dengan tingkat keamanannya yang baik. Tidak usah takut keluar malam-malam di Hongkong, selain aman, menjangkau transportasi umum sangat mudah di daerah manapun di Hongkong.

Inggris

Bernilai fantastis, biaya hidup di Inggris cukup tinggi. Namun Inggris adalah salah satu negara di Eropa yang ramah dengan orang luar. Di negara ini kamu juga akan mudah menemukan banyak orang Indonesia dengan berbagai tujuan ke Inggris, baik untuk kuliah, kerja atau sekedar liburan.

Ritme bekerja di Inggris juga sangat santai dan tidak seperti Jepang yang menuntut karyawannya menjadi workaholic, Inggris berusaha menjaga kesehatan mental dan fisik karyawannya dengan tidak memberlakukan jam lembur dan apresiasi yang tinggi terhadap prestasi karyawannya.

Inggris dibilang nyaman untuk ditinggali dalam jangka waktu lama karena lingkungannya diisi dengan orang-orang yang ramah, bersih dan disiplin. Inggris juga banyak dihuni oleh para muslim. Jadi jika kamu beragama Islam tidak usah takut cari makanan halal di sini karena sudah banyak tersedia.

Soal tempat tinggal, kamu bisa memilih apartemen atau house flat dan bisa mencari roomates agar kamu bisa membagi 2 biayanya. Walaupun mahal, kamu bisa menekan biaya hidup dengan lebih banyak memasak makanan sendiri dan mengendarai transportasi umum atau berjalan kaki.

Amerika Serikat

Negara Paman Sam bisa dikatakan negara impian semua orang. Sebagai salah satu negara adidaya di dunia, tentu banyak orang yang bermimpi bisa bekerja di sana. Amerika juga menjadi salah satu negara dengan multikultural yang tinggi, semua ras, suku dan agama dari berbagai belahan dunia bisa kamu temukan di sana.

Kemajuan teknologi dan kedisplinan di Amerika Serikat kualitasnya tidak jauh berbeda dengan Eropa, fasilitas publiknya pun banyak dan nyaman dengan biaya hidup yang lebih murah.

Kelebihan negara Amerika sebagai negara maju adalah biaya hidupnya yang masih bisa ditoleransi. Kamu masih bisa menemukan banyak harga sewa apartemen dan rumah dengan harga yang murah. Jadi, uang untuk bersenang-senang masih ada, untuk ditabung juga masih ada.(tra)

INFOKAN PADA SAHABAT: