Lima Negara Yang Dikenal Sebagai Penghasil Kurma Terbesar Di Dunia

Koranlinear.com, Jakarta – Biasanya buah kurma paling banyak ditemukan saat memasuki bulan ramadhan. Tapi tahukah kamu negara mana saja yang menjadi penghasil kurma terbesar?

Pohon kurma dapat tumbuh dengan subur di iklim dan cuaca yang panas. Beberapa negara yang mempunyai iklim dan cuaca panas biasanya menjadi negara penghasil kurma terbesar di dunia.

Negara tersebut berhasil memanen kurma sebanyak jutaan ton yang kemudian diekspor ke beberapa negara di dunia termasuk Indonesia. Berikut lima negara penghasil kurma terbesar di dunia.

Mesir

Dalam satu tahun Mesir bisa menghasilkan kurma sebanyak, 1,37 ton. Itu sebabnya Mesir berada di urutan nomor satu negara penghasil kurma terbesar di dunia. Sekitar 17% produksi kurma di dunia dihasilkan dari Mesir.

Kurma yang berasal dari Mesir kemudian di ekspor ke beberapa negara. Negara yang menerima pengiriman ke Maroko sebanyak 53%, Indonesia sebesar 24% dan Malaysia sebesar 15%. Berbagai jenis kurma yang dihasilkan Mesir ada seperti Elwaha, Golden Vale, Al-Amar, dan Rabbe.

Saudi Arabia

Saudi Arabia merupakan negara kedua penghasil kurma terbesar di dunia. Dalam satu tahun Saudi Arabia menghasilkan kurmasebanyak 1,22 juta ton. Kurma yang dihasilkan di Saudi Arabia juga diekspor.

Negara yang menjadi tujuan ekspor kurma oleh Saudia Arabia adalah Kuwait, Yordania, hingga Yaman. Saudi Arabia sendiri memiliki berbagai jenis kurma. Seperti kurma ajwa, anbara, safawi, barhi, saghai, khudri, sukkari dan masih banyak lagi.

Iran

Dalam satu tahun Iran bisa menghasilkan kurma sebanyak 1.02 juta ton. Iran berada di urutan nomor tiga negara penghasil kurma terbesar di dunia.

Biasanya Iran mengekspor kurma hasil panennya ke beberapa negara Asia, seperti India dan Malaysia. Ada juga yang diekspor ke Rusia. Salah satu jenis kurma yang banyak tumbuh di Iran adalah kurma Bam.

United Arab Emirates

Di United Arab Emirates (UAE) terdapat banyak hamparan padang pasir yang sangat luas. Area tersebutlah tempat di mana banyak pohon-pohon kurma dapat tumbuh dengan subur. Karenanya, UEA masuk ke dalam urutan negara penghasil kurma terbesar di dunia.

Dalam setahun UAE mampu menghasilkan kurma sebanyak 900 ribu ton kurma. Kurma-kurma tersebut jua diekspor ke beberapa negara lainnya. Sementara untuk jenis kurma yang tumbuh di sana ada berbagai jenis yang dibanderol dengan harga mahal. Seperti Khalas, Barhi, Dabbas, Lulu, Fard, Khenaizi, dan Sheesh.

Algeria

Algeria berada di Afrika Utara. Di negara dengan luas sekitar 2 juta km2 tersebut banyak sekali tumbuh pohon-pohon kurma dengan subur dan memberikan hasil panen yang berlimpah. Iklim dan cuaca yang hangat jadi alasan suburnya pohon kurma di sana.

Dalam setahun Algeria dapat menghasilkan kurma sebanyak 690 ribu ton. Salah satu jenis kurma yang banyak tumbuh di Algeria adalah kurma deglet noor yang memiliki cita rasa autentik. Warnanya cokelat dan lebih cerah dibandingkan jenis kurma lain.(tra)

Berikut negara-negara yang dikenal sebagai penghasil timah terbesar di dunia. Mau tahu negara mana saja? Berikut ulasannya.

INFOKAN PADA SAHABAT: