Lima Sumber Daya Alam Yang Dimiliki Oleh Provinsi Riau

Koranlinear.com, Riau – Riau merupakan daerah yang terkenal dengan penghasil sumber daya alam yang melimpah. Sehingga mampu menghasilkan berbagai kebutuhan bagi penduduknya.

Bahkan di setiap daerahnya, mampu menghasilkan aneka sumber daya alam yang beraneka macam. Setaip daerah memiliki potensi alam yang bisa dimanfaatkan dengan baik. Apa saja potensi yang ada di Riau ? berikut ulasannya.

Petanian

Sebagai negara agraris tidak mengherankan bila Riau masuk sebagai daerah yang berpotensi dalam sektor pertanian. Tanah Riau mampu menghasilkan komoditas utama seperti jagung, padi, kedelai serta kelapa sawit. Bahkan provinsi satu ini juga  mampu menghasilkan kacang hijau, ubi kayu, ubi jalar, hingga kacang tanah. Hanya saja setiap hasil pertanian tersebut berubah ubah, karena dipengaruhi oleh faktor cuaca.

Beberapa tahun belakangan, kelapa sawit menjadi hasil pertanian yang sedang populer di Riau. Menurut data yang didapatkan, kawasan ini menjadi penghasil kelapa sawit tersebar di tanah air. Potensi lain yang bisa dihasilkan dari kawasan satu ini meliputi sagu, kakao, karet, dan kopi. Masih diselimuti dengan hutan yang cukup luas, menjadikannya mampu menghasilkan kayu untuk berbagai kebutuhan.

Mineral

Potensi keunggulan dari sektor energi dan sumber daya mineral, menjadikan Provinsi Riau sebagai Provinsi terkaya di Indonesia. Tidak hanya satu pertambangan saja, namun anda akan menemukan beberapa pertambangan yang mengambil hasil bumi. Hasil tambangnya meliputi emas, batu bara, bauksit, granit, pasir kuarsa, timah, pasir laut, hingga minyak bumi. Berdasarkan dari data yang terpercaya, Riau telah berkontribusi dalam sektor ini hingga 41,68%.

Minyak dan Gas

Pelaksana Tugas (Pit) Gubernur Riau, memberikan kabar bagus pada tahun 2015 lalu. Dimana kabar tersebut menyebutkan bila, Riau miliki cadangan gas alam mencapai 33,57%. Sedangkan cadangan minyak buminya, mencapai 51,5% yang terhitung dari cadangan nasional. Untuk gas alam cairnya ternyata tersedia cukup besar, yaitu mencapai 23.7 MSCF.

Peternakan

Potensi tanah Riau yang subur, ternyata mampu menghadirkan hewan ternak yang cukup sehat. Hal tersebut dapat dilihat dari tingginya permintaan akan berbagai produk ternak seperti telur, daging, dan susu. Produksi ternak yang paling banyak dikembangkan di provinsi satu ini, yaitu daging kambing. Namun ada pula produksi ternak lain yang tidak kalah populer seperti daging sapi, domba, babi, dan ayam.

Perikanan

Sebanyak 17,40% Provinsi Riau,  dikelilingi oleh lautan dan beberapa sungai.  Tidak mengherankan bila, hasil perikanannya pun cukup melimpah. Hasil perairan dominannya berasal dari hasil tangkapan laut, dan sisanya berasal dari sungai ataupun budidaya perikanan. Kondisi geografis tersebut, ternyata mampu menghasilkan keuntungan bagi warga sekitar. Hal tersebut terlihat dari tingginya permintaan, yang membuat usaha perikanan semakin berkembang.

Terkenal sebagai kawasan yang kaya akan hasil buminya, Riau ternyata menyimpan potensi lainnya yang tidak bleh dipandang mata. Bahkan beberapa waktu lalu, tanah Riau menghasilkan kelapa sawit terbesar di tanah air. Dengan memanfaatkan sumber daya yang ada, masyarakat mampu menghidupi kebutuhan hariannya. Kekayaan yang dimiliki tanah Riau, hendaknya dapat dimanfaatkan secara efektif untuk masyarakat Indonesia.(tra)

Jika di Pulau Sumatera daerah Riau sebagai penghasil sumber daya yang melimpah. Di Jawa ada tiga daerah yang merupakan penghasil ikan terbesar. Berikut ulasannya.

INFOKAN PADA SAHABAT: