Menteri Perdagangan dan Walikota Tangsel Pastikan Komoditi Pasar Aman

Koranlinear.com,Tangsel  – Menteri Perdagangan Agus Suparmanto dan Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany memastikan stok dan harga komoditi pasar aman.

Pengecekan dilakukan Mendag bersama jajarannya sekaligus melaksanakan operasi pasar di Pasar Modern dan Pasar Serpong (23/5/20).

Kegiatan ini dilakukan untuk menekan harga gula yang masih bergerak di atas harga eceran tertinggi (HET), terutama di pasar rakyat yang ada di Tangsel.

“Saya beserta tim kementerian perdagangan satgas pangan dan ibu walikota meninjau pasar untuk memastikan ketersediaan stok dan bahan pangan,” ungkap Mendag didampingi pejabat Kemendag RI dan Wali Kota Tangsel, Airin Rachmi Diany di Pasar Modern BSD dilansir dari tangerangselatan.go.id.

Dari pengamatan dirinya secara langsung, di Pasar Modern BSD dan Pasar Serpong, melihat adanya harga-harga pangan yang mengalami peningkatan harga. Namun, ada juga beberapa komoditas yang mengalami penurunan.

Operasi Pasar

“Saya meninjau beberapa harga yang pada umumnya stabil dan ada sedikit penurunan dibanding bulan lalu. Berkaitan dengan harga harga bawang putih, bawang bombay, gula pasir dan bawang merah. Kecuali bawang merah dan gula pasir (naik) Bawang putih dan bombay turun,” jelasnya.

Sementara Itu dalam kesempatan Operasi pasar tersebut Menteri Perdagangan, Agus Suparmanto, juga mengapresiasi Pasar Modern BSD yang telah disiplin menerapkan Protokol Kesehatan dalam operasional sehari-hari. Para pedagang dan pembeli memakai masker, menggunakan sarung tangan serta rajin mencuci tangan dengan sabun. Kondisi pasar pun bersih tertib dan tertata baik.

“Saya apresiasi Pasar Modern BSD ini dan saya minta semua pasar mencontoh penerapan protokol kesehatan di pasar ini. Sangat baik, bersih sehingga nyaman, adem untuk berbelanja,” ujarnya.

Wali Kota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany, mengaku sangat berterima kasih atas intervensi Kementerian Perdagangan melalui Operasi Pasar Gula ini sehingga harga gula yang sebelumnya cukup tinggi sekarang turun mendekati Rp 12.500/kilogram, sudah sesuai HET.

Sedangkan, Kepala Satgas Pangan, Brigjen Daniel Tahi Monang Silitonga, menegaskan kembali bahwa Kemendag telah menyalurkan OP sbesar 36.500 ton sehingga sangat membantu masyarakat Indonesia menghadapi Lebaran esok hari.

Daniel meminta seluruh masyarakat melaporkan segala bentuk penyimpangan dan kenaikan harga kebutuhan pokok yang tidak wajar khususnya gula.

“Laporkan ke kami dan kami akan turun untuk melakukan penindakan,” ucapnya.(tra)

INFOKAN PADA SAHABAT: