Pemkot Tangerang Sosialisasikan Penerapan Tanda Tangan Digital

Koranlinear.com, Kota Tangerang – Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Tangerang laksanakan sosialisasi dan pelatihan penerapan tanda tangan digital pada e-office. Sosialisasi ini dimulai dari tanggal 9 sampai 22 Juni 2020 secara daring.

Kepala Dinas Kominfo Kota Tangerang, Mulyani menjelaskan, penggunaan sertifikat tanda tangan elektronik merupakan penguatan terhadap keabsahan sebuah dokumen digital. Atau setara dengan tanda tangan basah pada dokumen fisik.

E-office juga telah terintegrasi dengan esign dari BSrE dan bekerjasama dengan Badan Sertifikasi Elektronik (BSrE) selaku Certification Authority (CA). Tujuan utama pemberlakuan tanda tangan digital guna mengakomodir kebutuhan persuratan digital di era revolusi industri 4.0 dan tentunya dapat dipertanggungjawabkan secara hukum.

“Apalagi saat pandemi ini, kita harus meminimalisir kontak fisik, sehingga dengan kita menggunakan Tanda Tangan Digital tidak hanya memutus rantai penyebaran covid-19 tetapi juga pemerintah bisa meminimalisir anggaran ATK,” lanjutnya.

Dilansir dari tangerangkota.go.id, Tanda tangan digital sudah dapat digunakan untuk menandatangani dokumen digital guna keperluan surat menyurat secara elektronik.

“Jadi sebelum pegawai menggunakan penerapan Tanda Tangan Digital, mereka harus memohonkan penerbitan sertifikat tanda tangan elektroniknya ke Dinas Kominfo. Bisa juga melalui help desk di 089517725731, dengan syarat telah memiliki akun email resmi pegawai Pemerintah Kota Tangerang,” jelas Mulyani.

Sebagai informasi, E-office ialah aplikasi perkantoran yang mengantikan proses administrasi berbasis manual ke proses elektronik dengan memanfaatkan fasilitas internet sehingga memberikan kemudahan bagi pemerintah dalam melakukan pengelolaan urusan administrasi surat menyurat.(tra)

INFOKAN PADA SAHABAT: