Peringati 76 Tahun Peristiwa Lengkong, Pemkot Dan TNI Gelar Tabur Bunga

Koranlinear.com, Tangsel  – Sudah 76 tahun peristiwa Lengkong yang menggugurkan puluhan prajurit Indonesia berlalu. Namun kisahnya masih diingat dan diceritakan kepada masyarakat Kota Tangsel, sebagai salah satu kisah sejarah kemerdekaan Indonesia.

Wali Kota Tangerang Selatan, Benyamin Davnie menyadari betul peran pahlawan yang gugur dalam Peristiwa Lengkong tersebut. Karena itu dalam memperingati 76 Tahun Pertempuran Lengkong, bersama dengan TNI, melakukan tabur bunga di Monumen Daan Mogot, BSD, Rabu (26/1).

“Setelah dua tahun karena Covid-19 akhirnya bisa dilaksanakan, ” ujar Benyamin usai melakukan tabur bunga dilansir dari tangerangselatankota.go.id.

Benyamin menilai perayaan ini masih terbilang sederhana dibandingkan dengan perayaan-perayaan sebelumnya. Namun setidaknya cukup untuk mengingatkan masyarakat atas perjuangan tentara Indonesia dalam menegakkan kemerdekaan bangsa.

Di dalam kisahnya, Benyamin menilai Peristiwa Lengkong menjadi tombak semangat Rakyat Indonesia merebutkan hak merdekanya dari para penjajah. Karena itu warga Tangsel harus bergembira menjadi salah satu bagian dari saksi kemerdekaan.

Dalam acara yang sama, Benyamin memastikan untuk membuat sebuah cerita atau produk yang mengisahkan Peristiwa Lengkong kepada pelajar dan mahasiswa. Hal ini dibuat agar generasi selanjutnya tetap bisa mengetahui kisah sejarah Lengkong 76 tahun yang lalu.

Sementara Direktur Akmil TNI-AD Mayor Jenderal TNI Robertus Legowo W.R. Jatmiko, S.I.P., M.M. menjelaskan bahwa Kegiatan ini merupakan upaya TNI untuk memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai kisah dan sejarah kemerdekaan Indonesia.

“Bahwa, memberikan pemahaman saat perjuangan Indonesia dulu bukan hanya tentara saja yang berjuang. Melainkan taruna-tarunanya,” ujar Legowo.

Menurutnya peristiwa Lengkong adalah peristiwa bersejarah bagi TNI. Karena bukan hanya tentara yang gugur dalam medan perang. Melainkan taruna yang sedang belajar menjadi tentara yang baik, ikut menjadi korban pada saat itu.

Sehingga dia berharap, taruna-taruna Indonesia saat ini terus semangat dalam mengenyam pendidikan tentara. Termotivasi dari kisah taruna yang gugur dalam Peristiwa Lengkong 76 tahun lalu itu.(tra)

INFOKAN PADA SAHABAT: