Sistem Pendidikan Lima Negara Ini Terbaik Di Dunia

Karena pendidikan adalah salah satu aspek yang paling penting dalam kemajuan suatu bangsa.

Di negara-negara maju saat ini memiliki sumber daya manusia berkualitas yang dihasilkan oleh sistem pendidikan yang baik. Berikut lima negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia.

Inggris

Pendidikan pra-sekolah di Inggris dimulai sejak usia 3 tahun dan tingkat penerimaannya sangat tinggi. Hal ini membuat Inggris mengungguli semua negara maju yang tergabung dalam OECD. Pelajar di Inggris cenderung mengambil bidang matematika dan sains.

Sistem pendidikan di Inggris dianggap berhasil karena negara ini memiliki tingkat pengangguran yang rendah meskipun standar yang diterapkan untuk bekerja relatif tinggi. Hal tersebut dilatarbelakangi oleh sistem pendidikan yang lebih menekankan praktik daripada teori.

Inggris adalah salah satu pemegang skor tertinggi pada PISA (Programme for International Student Assessment). PISA sendiri adalah program yang diselenggarakan OECD (Organisation for Economic Co-operation and Development) yang diadakan sekali tiga tahun bagi pelajar sekolah berusia 15 tahun.

Jerman

Jerman adalah salah satu negara yang serius dalam membuat kebijakan-kebijakan dalam bidang pendidikan. Negara ini mewajibkan setiap warga negaranya tanpa kecuali untuk menyelesaikan pendidikan formal hingga ke tingkat menengah.

Sementara di tingkat tinggi, Jerman menerapkan pendidikan gratis bagi warga negaranya yang melanjutkan di institusi milik pemerintah. Dengan hal tersebut, Jerman berupaya menekan komersialisasi pembelajaran agar semakin banyak warga negara yang menempuh pendidikan hingga ke tingkat perguruan tinggi.

Negara yang disebut sebagai negara para penemu ini banyak mendapat apresiasi atas hal tersebut. Dedikasi Jerman membuahkan hasil karena mendapatkan nilai yang di atas rata-rata negara-negara OECD pada PISA 2018.

Amerika Serikat

Sama dengan Inggris, Amerika termasuk salah satu negara dengan skor yang berada di atas rata-rata negara-negara OECD. Salah satu hal yang berpengaruh penting dalam hal tersebut adalah sistem pembelajaran yang berfokus pada siswa.

Oleh sebab itu pelajar di negara ini telah mengenal pembelajaran berbasis pemecahan masalah dan proyek sejak masih di bangku sekolah.

Singapura

Sistem Pendidikan Singapura dinilai unggul dilihat dari pencapaian siswanya dalam PISA oleh OECD.

Pada PISA terbaru 2018, pelajar Singapura dinilai jauh mengungguli Amerika Serikat dalam bidang matematika serta dinilai baik dalam ujian pelajar usia muda yang banyak tersebar pada universitas-universitas terbaik di seluruh dunia. Salah satu hal yang menunjang prestasi ini antara lain bagaimana Singapura “berinvestasi” pada tenaga pengajar atau guru di negara mereka.

Profesi guru di negara in digaji dengan sangat layak serta diberlakukan proses seleksi yang ketat dalam perekrutannya. Dengan demikian, hanya guru-guru berkualitas lah yang mengajar di sekolah-sekolah di Singapura.

Australia

Australia juga merupakan negara dengan perolehan hasil yang tinggi pada PISA 2018. Seperti yang diketahui, PISA tidak hanya menguji hafalan, tetapi berfokus pada bagaimana pelajar dalam memecahkan masalah. Sama seperti Singapura, salah satu poin penting dalam pendidikan di negara ini adalah peningkatan kualitas guru.

Secara umum, negara ini sangat baik dalam hal akses, kualitas serta sumber daya manusia. Tidak heran jika banyak orang dari seluruh dunia bermigrasi ke negara ini untuk melanjutkan pendidikan dan kemudian mencari kesempatan untuk memulai karir di sana. Universitas di Australia banyak yang masuk ke dalam kategori universitas terbaik di dunia dalam beberapa tahun terakhir.(tra)

INFOKAN PADA SAHABAT: