Tiga Daerah Di Pulau Jawa Yang Menjadi Penghasil Ikan Terbesar

Koranlinear.com, Jakarta – Indonesia sebagai negara penghasil ikan mempunyai beragam jenis biota laut. Beberapa diantaranya memiliki nilai jual ekonomis yang tinggi.

Sumber daya alam laut yang paling sering diambil dan diolah adalah ikan. Bermacam jenis ikan mulai dari ukuran paling kecil hingga berukuran besar tersedia di lautan Indonesia.

Tidak heran jika potensi sumber daya alam laut  terutama ikan – ikan yang dimiliki oleh Indonesia mengundang banyak negara tetangga untuk mengambilnya secara ilegal.

Karena sumber daya laut berupa ikan berjumlah sangat banyak, menjadikan Indonesia sebagai 10 negara penghasil ikan berkualitas di dunia. Bahkan dalam sekali penangkapan, ikan yang dihasilkan bisa mencapai puluhan atau ratusan ton dengan kualitas baik.

Ikan yang berkualitas dan memenuhi standar internasional biasanya akan dikirim keluar negeri untuk memenuhi permintaan pasar dari beberapa negara seperti Jepang, Thailand bahkan Amerika Serikat.

Berikut ini adalah daerah di Indonesia yang menjadi penghasil ikan terbesar.

Kota Tegal, Jawa Tengah

Kota yang berada di bagian utara dari Jawa Tengah atau berdekatan dengan Laut Jawa ini terkenal akan potensi ikannya. Tidak tanggung – tanggung setiap tahunnya ikan yang berhasil ditangkap oleh para nelayan bisa mencapai sekitar 1.400 ton.

Meskipun cukup tinggi, namun angka tersebut masih belum sebanding dengan tingkat konsumsi masyarakatnya yang masih rendah. Daya konsumsi masyarakat untuk makan ikan di Kota Tegal sendiri hanya berkisar 20,4 kg per kapita setiap tahun.

Sehingga pemerintah serta dinas – dinas terkait terus berupaya dengan melakukan kampanye makan ikan terutama bagi anak sekolah dan ibu PKK. Seiring berjalannya waktu, produksi ikan yang ditangkap mengalami penurunan, hal ini disebabkan karena semakin berkurang jumlah nelayan yang melaut untuk mencari ikan. Namun hal tersebut tetap menjadikan Tegal sebagai salah satu daerah penghasil ikan terbesar di Indonesia.

Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah

Di bagian selatan Pulau Jawa, daerah penghasil ikan terbesar berada di Kabupaten Cilacap. Hasil ikan yang berhasil ditangkap oleh para nelayan bisa mencapai 90 ton setiap harinya. Ikan yang biasanya ditangkap sebagian besar berupa ikan cakalang dan cumi – cumi. Ikan yang diproduksi bukan hanya berasal dari laut saja, ada beberapa yang berasal dari perairan darat atau air tawar yakni tambak.

Akan tetapi, Cilacap pernah mengalami penurunan jumlah produksi ikan yaitu ketika sedang musim angin barat yang mengakibatkan gelombang cukup tinggi di perairan laut selatan. Sehingga banyak nelayan enggan untuk pergi melaut dan jumlah ikan yang ditangkap mengalami penurunan. Namun hal tersebut tidak berlangsung lama, dan saat musim angin barat sudah lewat para nelayan bisa kembali melaut seperti sebelumnya.

Muncar, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur

Kondisi di perairan Muncar yang berada di ujung timur Pulau Jawa cukup strategis karena tempat pertemuan antara arus Laut Jawa yang berada di utara dengan Samudra Hindia dari arah selatan.

Pertemuan kedua arus laut ini memberikan keuntungan bagi nelayan setempat karena daerah ini tidak dipengaruhi oleh gelombang laut yang tinggi. Para nelayan akan berhenti melaut ketika bulan purnama selama 7 hingga 10 hari saja. Di sini terdapat tempat pelelangan ikan terbesar di Indonesia, tidak heran jika ikan yang ditangkap bisa mencapai lebih dari 20 ribu ton setiap tahunnya dengan jenis ikan lemuru dengan jumlah terbanyak.

INFOKAN PADA SAHABAT: