Tiga Makanan Khas Kairo Yang Paling Banyak Dicari

Koranlinear.com, Kairo – Biasanya makanan khas Kairo paling banyak dicari saat memasuki Ramadhan. Namun bukan bulan Ramadhan pun masih ada orang yang mencari makanan khas ini.

Meskipun merupakan hidangan khas Timur Tengah, akan tetapi makanan ini ramah di lidah Asia. Bahannya pun murah dan cara memasaknya juga mudah. Berikut tiga makanan khas Mesir yang paling banyak dicari.

Ruz Billaban

Merupakan bubur nasi yang dibuat dengan campuran susu, makanan ini rasanya manis. Teksturnya memang tidak selembut bubur ayam, tapi disajikan dalam keadaan dingin.

Bahan yang diperlukan hanya segelas beras, satu liter susu cair, gula secukupnya, dan tepung jagung. Cara memasaknya cukup campurkan semua bahan kecuali tepung jagung, masak dan aduk terus hingga menjadi bubur.

Kemudian masukkan tepung jagung ke dalam air setengah gelas, aduk hingga larut, masukkan ke dalam bubur yang sudah masak, aduk sebentar. Lalu tuang ke dalam wadah, beri toping biasanya berupa kismis dan parutan kelapa kering, masukkan ke dalam lemari es. Sajikan dalam keadaan dingin.

Qatayef

Bentuknya bulat pipih seperti pancake, orang Indonesia biasa menyebutnya ‘serabi Mesir’ karena rasanya memang persis seperti serabi tanpa gula. Uniknya, hidangan ini hanya dijual di bulan Ramadhan saja.

Cara memasaknya pun mudah. Campurkan setengah gelas tepung terigu, satu gelas tepung beras, satu gelas air, satu butir telur, margarin yang sudah dilelehkan, dan satu sendok baking soda. Aduk sampai adonan tercampur rata, diamkan sepuluh menit. Adonan siap dimasak. Makanan ini biasanya disantap dengan selai, keju, madu, atau madu hitam.

Sahlab

Perpaduan cream kelapa dan susu cair membuat minuman ini memiliki sensasi yang unik. Bahannya tak banyak dan proses pembuatannya cukup mudah.

Cukup campurkan dua sendok tepung maizena, satu gelas susu cair, gula secukupnya, dan santan kelapa kental 100 ml, kemudian masak sampai adonan mengental. Masukkan ke dalam gelas, beri toping, dan sajikan dalam keadaan hangat.(tra)

Tahukah kamu ada beberapa negara yang menjadi penghasil keju terbesar? Penasaran negara mana saja? Berikut informasinya.

INFOKAN PADA SAHABAT: