Tiga Provinsi Di Indonesia Yang Paling Banyak Menghasilkan Cengkeh

Koranlinear.com, Jakarta – Beberapa provinsi di Indonesia menjadi lumbung rempah. Tidak hanya untuk pasokan lokal saja tetapi Indonesia juga sudah mampu mengekspor tanaman cengkeh.

Diperkirakan jumlah produktivitas dalam skala nasional bisa mencapai 120 ribu ton. Adapun Provinsi Maluku merupakan penyumbang terbesar jenis tanaman yang biasanya bagian dari produk rokok kretek ini.

Lalu provinsi mana saja yang paling banyak menghasilkan cengkeh? Simak ulasan berikut.

Sulawesi Utara

Provinsi Sulawesi Utara (Sultara) bisa diproyeksikan menjadi lumbung cengkeh terbanyak nomor 3 di Indonesia. Pada tahun 2018 menghasilkan sekitar 15 ribu ton lebih dalam skala nasional. Adapun pada tingkat produktivitasnya bisa mencapai sekitar 351 kg/ha.

Sulawesi Selatan

Masih sama di pulau Sulawesi, provinsi Sulawesi Selatan menjadi lumbung cengkeh ke 2 di Indonesia pada tahun 2018. Produksi rempah di provinsi ini mencapai sekitar 17 ribu ton lebih. Adapun tingkat produktivitasnya mencapai sekitar 494 kg/ha.

Maka tak bisa dipungkiri bahwa jenis komoditi ini memegang peranan yang cukup penting dalam perkembangan perkebunan.

Maluku

Pada tahun 2018 provinsi Maluku merupakan penghasil cengkeh terbesar di Indonesia. Tanaman ini tumbuh subur di provinsi bagian Indonesia Timur ini dan menjadi komoditi cukup penting. Tingkat produktivitasnya sendiri mencapai sekitar 643 kg/ha. Adapun pada tahun 2018, provinsi Maluku dapat menghasilkan sekitar 21 ribu ton lebih.(tra)

Selain penghasil cengkeh, Indonesia juga ada daerah penghasil ikan terbesar. Mau tahu daerah mana saja penghasil ikan terbesar? Berikut ulasannya.

INFOKAN PADA SAHABAT: